Home » » Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)

Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)

Written By deri on Selasa, 26 Maret 2013 | 22.15



Kelompok-kelompok yang tumbuh di masyarakat dikarenakan kebutuhan tersebut sering disebut dengan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  yaitu  kumpulan orang yang menghimpun  diri secara sukarela dalam kelompok dikarenakan adanya ikatan pemersatu  yaitu kepentingan dan  kebutuhan  yang sama  sehingga dalam kelompok tersebut memiliki kesamaan  tujuan yang ingin dicapai bersama.
KSM di P2KP adalah : sekumpulan warga, baik laki-laki maupun perempuan,  yang   memenuhi kriteria sebagai pemanfaat proyek serta  bertujuan untuk mengatasi berbagai permasalahan kemiskinan yang menyangkut  sarana dan prasarana dasar, pengembangan sumberdaya manusia serta pengembangan ekonomi
Posisi KSM dalam P2KP adalah sebagai pelaku langsung, namun bukan sebagai bawahan  BKM atau Unit Pengelola. Hubungan KSM dengan Unit Pengelola, dan BKM adalah hubungan kemitraan. Anggota masyarakat yang tergabung dalam KSM tidak hanya untuk meningkatkan wawasan tentang prinsip dan nilai P2KP akan tetapi juga menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui interaksi antara sesama anggota sangat memungkinkan terjadi pergesekan yang mencerdaskan sehingga   tumbuh  nilai-nilai baru  cara pandang, cara menyelesaikan masalah maupun cara memahami realitas yang mempengaruhi kehidupan.
Keberadaan KSM
Di masyarakat  pada umumnya telah ada  banyak  Kelompok Masyarakat  baik yang  oleh masyarakat sendiri maupun oleh pihak-pihak tertentu  yang punya kepedulian.  Ketika P2KP juga menggunakan pendekatan kelompok maka P2KP akan banyak   membentuk KSM  meski  tidak menutup kemungkinan memaksimalkan kelompok-kelompok yang sudah ada, sebab ada kemungkinan kelompok P2KP agak berbeda dengan kelompok lain yang sudah ada karena  KSM di P2KP adalah KSM yang terdiri dari warga miskin.
Munculnya  KSM yang dibentuk  P2KP akan muncul di antara kelompok-kelompok yang sudah eksis. Hal itu akan menambah dinamika di masyarakat karena antar kelompok akan bisa saling berinteraksi dan saling belajar. Bahkan sangat memungkinkan kelompok yang telah lama eksis dan mempunyai banyak pengalaman bisa memberikan  banyak masukan, bimbingan  dan dorongan  kepada kelompok baru. Sebaliknya, kelompok  yang sudah eksis juga bisa belajar dari kelompok P2KP.   Dengan demikian  masing-masing kelompok bisa menggalang persatuan dan kekuatan untuk  menanggulangi masalah kemiskinan.

2.  Prinsip-prinsip KSM

Agar KSM dalam P2KP  benar-benar menjadi wadah bagi  pemberdayaan anggota maka ada beberapa prinsip yang perlu sepakati, yang bisa dijadikan pedoman  di internal KSM, antara lain :
a.      Saling mempercayai dan saling mendukung .

b.      Bebas dalam membuat  keputusan.

c.       Bebas dalam menetapkan kebutuhan.



Sumber : BKM Hidup Jaya
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. PNPM-MP KOORKOT KOTA PANGKALPINANG, KAB. BANGKA, DAN BANGKA BARAT - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger